Hikmah Mengapa Nabi Lebih Memilih Yahudi Dalam Menggadaikan Baju Besinya Dibanding Para Sahabat

بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

Hikmah Mengapa Nabi Lebih Memilih Yahudi Dalam Menggadaikan Baju Besinya Dibanding Para Sahabat

Berkata Ibnu Hajar Alasqolany rohimahulloh dikitab beliau Fathul Bary Syarh Shohih AlBukhory:

قال العلماء : الحكمة في عدوله – صلى الله عليه وسلم – عن معاملة مياسير الصحابة إلى معاملة اليهود إما لبيان الجواز ، أو لأنهم لم يكن عندهم إذ ذاك طعام فاضل عن حاجة غيرهم أو خشي أنهم لا يأخذون منه ثمنا أو عوضا فلم يرد التضييق عليهم ، فإنه لا يبعد أن يكون فيهم إذ ذاك من يقدر على ذلك وأكثر منه فلعله لم يطلعهم على ذلك ، وإنما أطلع عليه من لم يكن موسرا به ممن نقل ذلك . والله أعلم .

Berkata para ulama: Hikmah dalam berpalingnya Nabi shollalloohu’alaihi dari bermuamalah dengan orang kayanya sahabat ke muamalah dengan Yahudi, boleh jadi untuk menerangkan bolehnya (hal tersebut), atau bisa jadi dikarenakan mereka (para sahabat) tidak mempunyai ketika itu makanan yang berlebih dari kebutuhan untuk selain diri mereka, atau boleh jadi beliau takut mereka tidak mau mengambil dari beliau harga atau ganti sehingga beliau tidak ingin menyusahkan mereka, karena sesungguhnya perkara itu tidak jauh dari mereka ketika disana ada yang mampu untuk itu dan kebanyakan darinya begitu, maka boleh jadi beliau tidak memberitahu hal tersebut, hanya saja yang diberitahu atasnya adalah siapa yang tidak mempunyai kelapangan dengannya dari siapa yang dinukil darinya (perkara muamalah ini), wallohu a’lam.

[فتح الباري لابن حجر ,5/141]

Fathul Bari ibnu Hajar, juz 5 hal 141

Penerjemah katakan: lihatlah bagaimana Nabi shollalloohu’alaihi wa sallam sangat jauh dari sifat mengharapkan hibah, pemberian, dan yang sejenisnya, karena beliau tidak ingin menyusahkan para sahabat, apalagi yang namanya iuran bulanan, bisa dikatakan iuran bulanan adalah bid’ah dalam da’wah, tidak pernah dilakukan Nabi dan para sahabatnya. Wallohu a’lam.

🌕🌏🌕🌏🌕🌏🌕🌏🌕🌏🌕

Mutarjim:

أبو إبراهيم سعيد بن سالم بن زينل بن يعقوب بن ملّى المكاسري البغيسي الإندونيسي

https://t.me/ilmui

#share_gratis_tanpa_meminta_donasi

Penulis: Admin

Ingatlah bahwa tiada yang berhak disembah selain Allah

Tinggalkan komentar