IKHLASH

IKHLASH 

Bila anda ditanya apa itu Ikhlash?

Maka katakanlah Ikhlash adalah memurnikan ibadah hanya kepada Allah atas dasar cinta kepada-Nya, mengharap rahmat surga-Nya dan takut akan siksa neraka-Nya bukan beramal karena dunia, pujian atau mengharap balasan dari manusia.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman (terjemahnya): Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (QS. Al-Baqarah: 165) dan firman Allah ta’ala yang menyebutkan sifat penghuni surga ketika beramal di dunia (terjemahnya): “Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. (dan berkata) “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhnya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan.”  Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati. (QS. Al-Insaan: 8-11)

juga firman Allah ta’ala tentang orang-orang sholeh yang disembah kaum musyrikin (terjemahnya): “Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti. (QS. Al-Israa’: 57) dan firman Allah ta’ala (terjemahnya): “Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Huud: 15-16)

Dan dalam Hadits dari Anas radhiallaahu ‘anhu, dari Nabi Shallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Ada tiga hal yang barang siapa ada pada (diri)nya, maka ia dapat menemukan manisnya iman, (1) siapa yang Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari pada yang selain keduanya, (2) dan ia mencintai temannya tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, (3) dan ia benci kembali ke dalam kekufuran setelah Allah menyelamatkannya  sebagaimana ia benci dilemparkan ke dalam neraka. (HR. Al-Bukhary no. 15 cet. lain no. 16, dan Muslim Rahimahumallaah no. 60 cet. lain no. 43)

Kesimpulan: IKHLASH adalah memurnikan ibadah hanya kepada Allah atas dasar cinta kepada-Nya, mengharap rahmat surga-Nya dan takut akan siksa neraka-Nya bukan karena dunia, pujian atau balasan dari manusia.

 

Iklan

Penulis: Abu Ibrohim (Admin kebenaranhanya1 (thetruthonly1))

Ingatlah bahwa tiada yang berhak disembah selain Allah

3 thoughts on “IKHLASH”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s